Sholawat Munjiyyah

Sholawat Munjiyyah
Sholawat Munjiyyah Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah shalawat atas junjungan kami, Muhammad, dengan suatu shalawat yang menyebabkan kami selamat dari semua ketakutan dan malapetaka, yang menyebabkan Engkau menunaikan semua hajat kami, yang menyebabkan Engkau men-nyucikan kami dari semua kejahatan, yang menyebabkan Engkau mengangkat kami ke derajat yang tinggi di sisi-Mu, dan yang menyebabkan Engkau menyampaikan semua cita-cita kami berupa kebaikan-kebaikan dunia dan akhirat." Penjelasan : Shalawat di atas disebutkan di dalam kitab Dalâil. Dalalam syarah kitab tersebut disebutkan riwayat dari Hasan bin 'Ali Al-Aswâni Ia berkata, "Barangsiapa yang membaca shalawat ini dalam setiap perkara penting atau bencana sebanyak seribu kali, niscaya Allah akan melepaskan bencana itu darinya, dan menyampaikan apa yang diinginkan." Komentar oleh Asy-Syaikh Yusuf Isma'il An-Nabhani Telah dikutip daripada Al-Hasan bin 'Ali Al-Aswani di dalam komentar Ad-Dalail (penjelasan atau komentar dalam kandungan kitab kumpulan shalawat yang berjudul Dalailul Khairat), bahwa beliau telah berkata, "Siapa yang membaca sholawat ini sebanyak seribu kali ketika tertimpa kesulitan dan musibah, Allah akan melangkan [perkara itu] daripadanya dan akan meyampaikan hajatnya." [Dan telah diriwayatkan] daripada Ibnu Al-Fakihani, daripada Asy-Syaikh As-Solih Musa Ad-Darir, [dan] beliau telah berkata Aku pernah belayar di sebuah laut. Tiba-tiba angin (angin taufan) telah melanda ke atas kami. Sedikit saja manusia yang akan dapat selamat daripada tenggelam dan banyak orang telah menjerit-jerit [di dalam ketakutan]. Tiba-tiba aku merasa mengantuk dan Aku telah tertidur aku telah melihat An-Nabi j [di dalam mimpi] dan Baginda j telah berkata, "Katakanlah kepada para penumpang [kapal ini] agar mereka mengucapkan sebanyak seribu kali, "Wahai Allah, limpahkanlah sholawat ke atas penghulu kami Muhammad, dan juga ke atas keluarga penghulu kami Muhammad, sholawat yang dengannya kami diselamatkan... sehingga.... setelah [kami] mati. " Aku telah terjaga [dari tidur] dan aku telah memberitahu para penumpang tentang mimpi itu, dan kami pun bersholawat dengannya (dengan ungkapan sholawat yang telah diterima di dalam mimpi itu) lebih kurang tiga ratus kali, Allah telah melapangkan kami [daripada keadaan yang mencemaskan itu]. Dan telah berkata As-Sayyid Muhammad Afandi 'Abdin di dalam catatan beliau (penjelasan) bahwa Al-'Allamah Al-Musnid Ahmad Al-'Attor telah menyebutnya sebagai Sholawat Al-Munjiyyah, dan beliau telah berkata pada [bahagian] akhirnya: Telah menambah Al-'Arif Al-Akbar [dengan kata-kata]: Wahai Yang Paling Penyayang daripada segala yang bersifat penyayang, wahai Allah. Beliau telah berkata: Telah berkata sesetengah masyaikh: Siapa yang mengucapkannya sebanyak seribu kali ketika ada kesulitan atau ketika turunnya musibah, Allah akan melapangkan hajatnya. Dan siapa yang membanyakannya pada waktu datang penyakit taun [sedang menular], akan diamankan daripadanya. Dan sesiapa yang membacanya sebanyak lima ratus kali, akan disampaikan apa yang dia inginkan di dalam hal menarik rezeki dan kekayaan, insya Allah Ta'ala, dan ia adalah sesuatu yang benar-benar mujarab pada semua perkara itu. Dan Allah Ta'ala jua yang lebih mengetahui. Dan telah menyebut Asy-Syaikh As-Sowi perkara yang lebih kurang sama di dalam komentar mengenai Wird Ad-Dardir (wirid-wirid yang telah digubah oleh Asy-Syaikh Ahmad seorang guru bagi At-Toriqah Al-Khalwatiyyah, yang amat terkenal di negara Mesir pada zamannya) yang telah mengutip daripada As-Samhudi dan Al-Malawi. Dan telah berkata Asy-Syaikh Al-'Arif Muhammad Haqqi Afandi An-Nazili di dalam kitabnya Khazinah Al-Asror: Ketahuilah bahwa sholawat-sholawat itu dibahagikan kepada empat ribu jenis, dan pada situ riwayat yang lain, dua belas ribu. Setiap sesuatu darinya telah dipilih oleh satu jamaah dari ahli Timur dan Barat, bersesuaian dengan apa yang telah merka temui di dalam menjalin ikatan rohani di antara mereka dengan Baginda dan dari apa yang mereja fahami padanya [dari hal] rahasia-rahasia, yang sesetengahnya telah menjadi masyhur melalui ujikaji dan melalui penyaksian di dalam mendpatkan kelepasan daripada segala keesmpitan dan pencapaian hasrat, seperti Sholawat Al-Munjiyyah, dan ia adalah.... Dan beliau telah menyebut bentuk ungkapan itu. Kemudian, beliau telah berkata: Dan yang terlebih utama ialah dia mengucapkan, "Wahai Allah, limpahkanlah sholawat ke atas penghulu kami Muhammad dan ke atas keluarga penghulu kami Muhammad Sholawat yang dengannya kami diselamatkan..." sehingga ke akhirnya, karena apa yang telah dikatakan oleh Baginda, "Apabila engkau sekalian bersholawat ke atasku, jadikanlah ia umum (tidak dikhaskan untuk diri Baginda seorang, tetapi juga mencakupi ahli keluarga Baginda). Dan kesannya, dengan diikuti sertakan keluarga Baginda itu, adalah lebih lengkap, dan lebih umum, dan lebih banyak [pahala dan manfaatnya] dan lebih cepat [untuk dimakbulkan]. Begitulah yang telah diwasiatkan kepadaku dan yang telah diijazahkan kepadaku oleh sesetengah masyaikh. Dan Asy-Syaikh al-Akhbar juga telah menyebutnya dengan disertakan sebutan ahli keluarga Baginda j itu, dan beliau telah berkata bahwa ia adalah satu perbendaharaan daripada segala perbendaharaan Al-'Arsy (singgahsana Allah). Sesungguhnya, sesiapa yang berdo'a dengannya sebanyak seribu kali pada tengah malam untuk apa-saja hajat, sama ada hajat dunia atau hajat akhirat, Allah Ta'ala akan menunaikan hajatnya. Sesungguhnya ia (pengabulan bagi sholawat ini)

Jumat, 06 Juli 2012

Hizib Nawawi

بِسْـمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ . بِسْـمِ اللهِ ، اَللهُ اَكْبَرُاَ قُوْلُ عَلَىنَفْسِيْ وَعَلَىدِ يْنِيْ وَعَلَىاَ هْـلِيْ وَ عَلَىاَوْلاَدِيْ وَعَلَىمَا لِيْ وَعَلَىاَ صْحَـا بِيْ وَعَـلَى اَدْ يَا نِهِمْ وَعَلَىاَمْوَ الِهِمْ اَلْفَ لاَحَوْلَ وَلاَ قُـوَةَ اِلاَّ بِـا للهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ .
بِسْـمِ الله اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ ، اَ قُوْلُ عَلَىنَفْسِيْ وَعَلَى دِ يْنِيْ وَعَلَىاَ هْـلِيْ وَ عَلَىاَوْلاَدِيْ وَ عَلَىمَا لِيْ وَعَلَىاَ صْحَـا بِيْ وَعَـلَى اَدْ يَا نِهِمْ وَعَلَى اَمْوَ الِهِمْ . اَلْفَ اَلْفِ لاَحَوْلَ وَلاَ قُـوَّةَ اِلاَّ بِـا للهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ .
بِسْـمِ اللهِ اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ اَ قُوْلُ عَلَىنَفْسِيْ وَعَلَى دِ يْنِيْ وَعَلَىاَهْـلِيْ وَعَلَىاَوْلاَدِيْ وَعَلَىمَا لِيْ وَعَلَىاَ صْحَـا بِيْ وَعَـلَى اَدْ يَا نِهِمْ وَعَلَى اَمْوَ الِهِمْ . اَلْفَ اَلْفِ اَلْفِ لاَحَوْلَ وَلاَ قُـوَّةَ اِلاَّ بِـا للهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ .
بِسْـمِ اللهِ وَ بِاللهِ وَمِنَ ا للهِ وَاِلىَاللهِ وَعَلىَاللهِ وفِىاللهِ ، وَلاَحَوْلَ وَلاَ قُـوَّةَ اِلاَّ بِـا للهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ .
بِسْـمِ اللهِ عَلَى دِ يْنِيْ وَعَلَىنَفْسِيْ ، بِسْـمِ اللهِ عَلَى مَا لِيْ وَعَلَىا َهْـلِيْ وَعَلَىاَوْلاَدِيْ وَعَلَىاَ صْحَـا بِيْ بِسْـمِ اللهِ عَلَىكُلِّ شَيْءٍ اَعْطَا نِيْهِ رَبِّيْ بِسْـمِ اللهِ رَبِّ السَّمَوَتِ السَّبْعِ وَ رَبِّ اْلاَرَضِيْنَ السَّبْعِ وَرَبِّ اْلعَرْ شِ اْلعَظِيْمِ .
بِسْـمِ اللهِ الَّذِيْ لاَيَضُـرُّمَعَ اسْمِـهِ سَيْءُ فِىاْلاَرْضِ وَلاَفِى السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ ( نَلاَنا ً)
بِسْـمِ اللهِ خَيْرُاْلاَ اسْمَآءِ فِىاْلاَرْضِ وَفِىلسَّمَآءِ
بِسْـمِ اللهِ اَفْتَتِحُ ، وَ بِهِ اَخْتَتِمُ اَللهُ اللهُ اللهُ رَبِّيْ لاَاُشْرِكُ بِهِ اَحَداً ، اَللهُ اللهُ اللهُ َلآاِلَـهَ اِلاَّ هُوَ اَللهُ اللهُ اللهُ اَ عَزُّ وَاَجَلُّ وَاَكْبَرُ مِمَّا اَخَافُ وَاَحْذَرُ ( نَلاَنا ً)
اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِيْ وَمِنْ شَـِّرغَيْرِيْ وَمِنْ شَرِّمَاخَلَقَ رَبِّيْ ، بِكَ اللَّهُمَّ اَحْـتَرِزُ مِنْهُمْ وَبِكَ اللَّهُمَّ اّدْ رَأُ فِى نُحُوْرِهِمْ ، وَبِكَ اللَّهُمَّ اَعُوْذُ مِنْ شُرُوْرِهِمْوَاسْتَكْفِيْكَ اِيَّاهُمْ وَ اُقَدِّ مُ بَيْنَ يَدَ يَّ وَاَيْدِ يْهِمْ وَاَيْدِيْ مَنْ اَحَا طَتْهُ عِنَا يَتِيْ وَ شَمِلَتْهُ اِحَا طَتِيْ . بِسْـمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ ( قُلْ هُوَاللهُ اَحَدُ.اَللهُ الصَّمَدُ) اَ لْاِ ضْلاَ صْ ( نَلاَنا ً) وَمِثْـلُ ذَ لِكَ عَنْ يَمِيْنِيْ وَاَيْمَا نِهِمْ وَمِثْلُ ذَ لِكَ عَنْ شِمَا لِيْ وَعَنْ شَمَا ئِلِهِمْ ، وَمِثْلُ ذَ لِكَ اَمَا مِيْ وَاَمَا مَهُمْ ، وَمِثْلُ ذَلِكَ مِنْ خِلْفِيْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ ، وَمِثْلُ ذَ لِكَ مِنْ فَوْقِيْ وَمِنْ فَوْ قِهِمْ ، وَمِثْلُ ذَ لِكَ مِنْ تَحْتِيْ وَمِنْ تَحْتِهِمْ وَمِثْلُ ذَ لِكَ مَحِيْطٌ بِيْ وَبِهِمْ وَبِمَا اَحَطْنَا بِِهِ.
اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اَسْا لُكَ لِيْ وَلَهُمْ مِنْ خَيْرِكَ بِخَيْرِكَ اَلَّذِ يْ لاَ يَمْلِكُهُ غَيْرُكَ . اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ وَاِيَّا هُمْ فِى حِفْظِكَ وَعِيَاذِ كَ وَعِبَادِ كَ وَعِيَالِكَ وَجِوَارِكَ وَاَمَنِكَ وَاَمَا نَتِكَ وَحِزْ بِكَ وَحِرْزِكَ وَكَنَفِكَ وَسَتْرِكَ وَلُطْفِكَ مِنْ كُلِّ شَيْطَا نٍ وَسُلْطَا نٍ وَاِنْسٍ وَجَـآ نٍّ َوبَاغٍ وَحَا سِدٍ وَسَبُعٍ وَحَيَةٍ وَعَقْرَبٍ . وَمِنْ شَرِّكُلِّ دَآبَّةٍ اَنْتَ اَخِذُبِنَا صِيَتَهِا اِنَّ رَبِّيْ عَلَىصِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ
حَسْبِيَ الرَّبُّ مِنَ الْمَرْ بُوْبِيْنَ حَسْبِيَ اْخَالِقُ مِنَ اْلمَخْلُوْقِيْنَ، حَسْبِيَ الرَّازِقُ مِنَ اْلمَرْزُوْ قِيْنَ، حَسْبِيَ السَّاتِرُ مِنَ اْلمَسْتُوْرِيْنَ حَسْبِيَ النَّا صِـرُمِنَ اْلمَنْصُوْرِيْنَ حَسْبِيَ اْلقَاهِرُمِنَ اْلمَقْهُوْرِيْنَ حَسْبِيَ الَّذِيْ هُوَحَسْبِيْ، حَسْبِيْ مَنْ لَمْ يَزَلْ حَسْبِيْ حَسْبِيَ الله ُوَنِعْمَ اْلوَكِيْلُ، حَسْبِيَ الله ُمِنْ جَمِيْعِ خَلْقِهِ. ( اِنَّ وَلِِيِّيَ اللهُ الَّذِيْ نَزَّلَ الْكِتَابَ وَهُوَ يَتَوَلَّى الصَّا لِحِيْنَ ) وَاِذَ اقَرَأْتَ اْلقُرْآنَ جَعَلْنَا بَيْنَكَ وَبَيْنَ الَّذِ يْنَ لاَيُؤْ مِنُوْنَ بِاْلاَ خِرَةِ حَجِابًا مًسْتُوْرًا وَجَعَلْنَا عَلَ قُلُوْ بِهِمْ اَكِنَّةً اَنْ يَفْقَهُوْهُ وَفِى اَذَا نِهِمْ وَقْرًا، وَاِذَ اذَ كَرْتَ رَبْكَ فِى الْقُرْآنِ وَحْدَهُ وَلَّوْا عَلَى اَدْبَارِهِمْ نُفُوْرًا )( فَاِنْ تَوَلَوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللهُ لآاِلَهَ اِلاَّهُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَرَبُّ اْلعَرْشِ اْلعَظِيْمِ ) (x 7) وَلاَحَوْلَ وَلاَ قُـوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ .) وَصَلَّىاللهُ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَّمَدْ اِ لنَّبِيِّ اْلاُ مِّيِّ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ .

Kemudian meniup ke kanan, ke kiri, ke depan dan ke belakang masing – masing 3x

خَبَأْ تُ نَفْسِيْ فِى خَزَاِ ئنِ بِسْـمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ اَقْفَا لُهَا ثِقَتِى بِـاللهِ مَفَا تِيْحُهَا لاَحَوْلَ وَلاَ قُـوَةَ اِلاَّ بِـا للهِ ، اُ دَافِعُ بِكَ اللَّهُمَّ عَنْ نَفْسِيْ مَـا اُطِيْقُ وَمَالاَ اُطِيْقُ ، لاَ طَا قَةَ لِمَخْلُوْ قٍ مَعَ قُدْرَةِ الْخَالِقِ حَسْبِيَ اللهُ وَنِعْمَ الْوَ كِيْلُ ، بِخَفِيِّ لُطْفِــ اللهِ بِلَطِيْفِ صُنْعِ اللهِ بِجَمِيْلِ سِتْرِ اللهِ دَ خَلْتُ فِى كَنَفِ اللهِ ، تَشَفَعْتُ بِسَيِّدِ نَارَسُوْ لِ اللهِ تَحَصَّنْتَ بِاَسْمَـآءِ اللهِ ، اَمَنْتُ بِاللهِ ، تَوَ كَلْتُ عَلَىاللهِ اِدَّخَرْتُ اللهَ لِكُلِّ شِدَّةٍ . اَللَّهُمَ يَامَنْ اِسْمَهُ مَحْبُوْبُ وَوَجْهُهُ مَطْلُوْ بُ ، اِكْفِنِيْ مَا قَلْبِيْ مِنْهُ مَرْ هُوْ بُ اَنْتَ غَا لِبُ غَيْرُ مَغْلُوْ بٍ ، وَصَلَّىاللهُ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِـهِ وَ صَحْبِهِ وَسَــلَّمَ ، حَسْبِيَ اللهُ وَنِعْمَ اْلوَ كِيْلُ .

Kemudian membaca :

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ اْلوَ كِيْلُ ( 70x )
وَاُفَوِّ ضُ اَ مْرِيْ اِلَىاللهِ ، اِنَّ اللهَ نَصِيْرٌ بِاْلعِبَـادِ (11x )

Jangan lupa untuk melakukan shalat Dhuha karena memiliki keutamaan yang sangat besar

UNTUK MEMUDAHKAN RIZQI

بسم الله الر حمن الرحيم


يا فتاح

‘ Wahai yang Maha Pembuka ‘ 70 x.

( catatan : Dibaca sambil meletakkan tangan kanan didada )

لاحول ولا قوة الا بالله.توكلت على الحي الذي لايموت.والحمدلله الذي لم يتخذ ولدا.ولم يكن له شريك في الملك.ولم يكن له ولي من الذل وكبره تكبيرا.

Laa Haula walaa Quwwata illa billahi, tawakkaltu ‘alaal hayyil ladzii laa yamuutu, wal hamdulillahil ladzii lam yattakhiz waladan, walam yakun lahu syariikun fiil mulki, walam yakun lahu waliyyun minadz-dzulli wa kabbirhu takbiiron. 3x

Artinya :

“ Tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah. Aku bertawakal sepenuhnya kepada Yang Maha Hidup Yang tidak pernah mati. Segala puji bagi Allah yang tidak membuat anak dan tidak mempunyai sekutu didalam kerajaan-NYA, dan tidak pula mempunyai pelindung kerena lemah, Agungkanlah DIA seAgung-agungnya.”

بسم الله,وصلى الله على محمد واله وافوض امري الى الله,ان الله بصير با لعباد,فوقاه الله سيئات مامكروا,لااله الاانت سبحانك انى كنت من الظا لمين,فاستجبنا له ونجيناه من الغم,وكذلك ننجي المومنين.حسبنا الله ونعم الوكيل,فانقلبوا بنعمة من الله وفضل لم يمسسهم سوء,ماشاءالله لاحول ولاقوة الا با الله,ما شاءالله لاماشاء الناس,ما شاء الله وان كره الناس,حسبي الرب من المر بوبين,حسبي الخالق من المخلوقين,حسبي الرازق من المرزوقين,حسبي الله رب العالمين,حسبي من هو حسبي,حسبي من لم يزل حسبي,حسبي من كان منذ كنت لم يزل حسبي,حسبي الله لا اله الا هو عليه تو كلت وهو رب العرش العظيم.

Bismillahi, wa sholallahu ‘alaa Muhammadin wa aalihi wa ufawwidhu amri ilallah, Innallaha bashiruun bil ‘ibaadi, Fawa qoohullahu sayyi’aati maamakaruu, Laa ilaha illa anta subhaanaka inni kuntu minadh-dhoolimiin, Fastajabnaalahu wa najjainaahu minal ghommi, wa kazalika nunjiil mu’miniin, Hasbunallahu wa ni’mal wakiil, Faanqolabuu bini’matin minallahi wa fadhlin lam yamsashum suu’un, Maa-syaa Allahu Laa Haula walaa Quwwata illa billahi, Maa syaa Allahu laa maa-syaa annaasu, Maa-syaa Allahu wa in karihannaasu, Hasbiyar-robbu minal marbuubiina, Hasbiyallahu Robbul ‘alamiin, Hasbii man huwa hasbii, Hasbii man lam yazal hasbii, Hasbii man kaana munzu kuntu lam yazal Hasbii, Hasbiyallahu Laa Ilaha illa Huwa ‘alaihi tawakkaltu wahuwa robbul ‘arsyil ‘adhiim. 3x

Artinya :

Dengan menyebut Nama Allah, semoga Allah mencurahkan Shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya. Aku serahkan urusanku kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat hamba-hamba-NYA. Allah menjaganya dari keburukan makar mereka.

Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sungguh aku termasuk orang-orang yang dzolim. Kami kabulkan dia dan kami selamatkan dia dari kesulitan. Begitulah kami menyelamatkan kaum mukmin.

Allah-lah yang mencukupkan kami dan DIA adalah sebaik-baiknya Pelindung. Mereka kembali dengan nikmat dan karunia dari Allah, mereka tidak ditimpa keburukan. Apa yang dikehendaki Allah, tiada daya dan kekuatan selain pertolongan Allah. Apa yang dikehendaki Allah bukan dikehendaki manusia. Apa yang dikehendaki Allah meskipun manusia tidak suka. Tuhan-kulah yang mencukupkanku sehingga tidak butuh lagi pada makhluk, Maha Penciptalah yang Mencukupkanku sehingga aku tidak butuh lagi pada makhluk.

Maha Pemberi rezkilah yang mencukupkanku sehingga tak butuh lagi pada manusia yang diberi rezki. Allah-lah yang mencukupkan-ku Tuhan semesta Alam.Dzat yang selalu mencukupkanku-lah yang mencukupkanku. Dzat yang sejak aku ada selalu mencukupkanku-lah yang mencukupkanku. Allah-lah yang mencukupkanku, yang Tiada Tuhan selain DIA. Aku bertawakal kepada-NYA, DIA-lah Tuhan Arsy yang Agung.”

Santri KWA yang kami muliakan…Ada baiknya sebagai tambahan untukmu kami sertakan ISMULLAH AL-A’DHOM, dimana didapatkan satu riwayat yang luar biasa. Maka tambahkanlah itu didalam setiap doa yang kau panjatkan. Riwayat itu begini….

Terdapat dalam suatu hadist bahwa Rasulullah SAW ditanya mengenai isim Allah Al-A’dhom, maka beliau berkata kepada yang bertanya itu , ” Wajibkanlah dirimu membaca akhir surat Al-Hasyer. ” ( Beliau mengatakan itu berulang-ulang ). Hadist ini diriwatkan As-Tsa’libi dan disalin oleh Al-Habasyi di kitabnya Al-Barakah. Al-Imam An-Nawawi berkata, kami dapatkan dikitab Ibnu Suni satu riwayat berasal dari Anas R.A, bahwa Rasulullah SAW mewasiatkan kepada seorang laki-laki, jika dia akan tidur agar membaca surat Al-Hasyer. Kemudian beliau mengatakan kepada orang itu,” Apabila hal itu kau lakukan, jika engkau mati maka matimu adalah syahid.” Ada yang meriwayatkan kalimat akhir hadist ini : “Engkau menjadi ahli surga !”

Begitupun dengan Shohibur Ratib Al-Attas ( Azizul Manal Wa Fathu Babil Wisal ), Al-Habib Umar bin Abdurrahman Al-Attas mengatakan mengenai adanya penambahan Ayat Al-Hasyer ini dalam Ratib beliau. Dijelaskan bahwa penambahan itu disebabkan adanya suatu petunjuk Ghaibiyah agar ditambahkan dan ditempatkan sebagaimana Ratib itu dibaca sekarang. Berikut ini sebuah doa mustajab yang diriwayatkan sebagian Ulama dan dikatakan Barang siapa yang mau berdoa kepada Allah dengan Nama-NYA AL-A’DHOM, maka bacalah enam ayat dari awal surat Al-Hadid dan Ayat terakhir dari surat Al-Hasyer, yaitu :

بسم الله الرحمن الرحيم


سبح لله ما في السموات والارض وهو العزيز الحكيم. له ملك السموات والارض يحيي ويميت وهو على كل شيء قدير. هو الاول والاخر والظاهر زالباطن وهو بكل شيء عليم. هو الذي خلق السموات والارض في ستة ايام ثم استوى على العرش يعلم ما يلج في الارض يعلم ما يلج في الارض وما يخرج منها وما ينزل من السماء وما يعرج فيها وهو معكم اين ما كنتم والله بما تعملون بصير. له ملك السموات والاض والى الله ترجع الامور. يولج الليل في النهار ويولج النهار في الليل وهو عليم بذات الصدور.

“ Dia-lah Allah Yang Tiada Tuhan ( Yang berhak disembah ) selain Dia, Yang Mengetahui Yang Ghoib dan Yang Nyata, Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dialah Allah Yang Tiada Tuhan ( Yang berhak disembah ) selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengarungi akan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala KeAgungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Nama-nama Yang Paling Baik. Bertasbih kepada-NYA apa yang ada di langit dan di bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lahi Maha Bijaksana. “ ( QS. Al-Hasyer : 22-24 )

هوالله الذى لا اله الا هو عالم الغيب والشهادة هو الرحمن الرحيم هو الله الذى لااله الا هو الملك القدوس السلام المومن المهيمن العزيز الجبار المتكبر سبحان الله عما يشر كون هو الله الخالق البارئ المصور له الاسماء الحسنى يسبح له مافى السموات والارض وهو العزيز الحكيم.

“ Semua yang berada di langit dan yang berada di bumi bertasbih kepada Allah ( menyatakan kebesaran Allah ). Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Kepunyaan-NYA lah kerajaan langit dan bumi, Dia menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Dia-lah Yang Awal dan Yang Akhir, Yang Dhohir dan Yang Batin, Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. Dialah Yang Menciptakan langit dan bumi dalam enam hari ; kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia Mengetahui apa yang masuk kedalam bumi dan apa yang keluar dari padanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepadanya. Dan Dia bersama kamu dimana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. Kepunyaan-NYA lah Kerajaan langit dan bumi. Dan kepada Allah-lah dikembalikan segala urusan. Dialah yang memasukkan malam kedalam siang dan memasukkan siang kedalam malam. Dan Dia Maha Mengetahui segala isi hati. ” ( QS. Al-Hadid : 1-6 )

Sesudah itu ucapkanlah doa ini :

اللهم يا من هو هكذا ولا يزال هكذا وليس هكذا احد غيره اسالك ان تفعل لي……(كذا وكذا)……..

Allahumma Yaa man Huwa hakadza walaa yazillu Hakadza wa laisa Hakadza ihdi ghoiruhu as-aluka an taf’ala lii….( kadza wa kadza )

“ Ya Allah ! Wahai siapa yang keadaannya demikian ( yang disebut diayat ini ) dan dia selamanya keadaannya demikian dan tidak ada seorang pun yang keadaannya demikian ( yaitu yang bernama dan mempunyai shifat-shifat seperti disebut dalam ayat diatas ) Aku meminta kepada-MU agar Engkau melakukan untukku ….(ini-ini/sebut hajatmu)”

( Untuk surah-surahnya bisa dilihat di dalam Al-Qur’an )

Ketahuilah ! Walaupun seandainya yang dimintanya itu agar mayat hidup kembali, niscaya permintaan itu akan dipenuhi. Di jelaskan bahwa berita ini bersumber dari Al-Barra’ bin ‘Azib, dan beliau dari Imam Ali bin Abi Tholib dan beliau dari An-Nabi Shalla Allahu ‘Alaihi Wa Alihi Wa Sallam.

Di kisahkan oleh Imam Ibnu Qutaibah, konon ada seorang laki-laki dari kalangan kaum shaleh yang mendengar bahwa Asma Allah tidak mempan oleh Api. Maka dia kumpulkan seluruh ayat-ayat Alqur’an , kemudian dia tulis satu persatu ayat disetiap lembar kertas . Lalu mulai membakarnya lembar demi lembar kertas berisi ayat Alqur’an itu. Ia terkaget ketika mendapati satu lembar kertas yang saat ia masukkan kedalam api langsung terbang melayang dan tak mempan oleh api. Ia ambil kertas itu dan ternyata didalamnya tertulis ayat … ( seperti diatas). Tahulah ia bahwa ini adalah asma Allah Yang Agung didalam Alqur’an.

Selanjutnya beliau R.A mengisahkan lagi. Ada seorang laki-laki yang dikenal sebagai penjual minyak dan penduduknya menduga bahwa dia memakai sabuk berajah yang bertuliskan bermacam-macam huruf, dengan khasiat ia bisa masuk kampung dari arah mana saja yang ia suka tanpa terlihat. Ketika orang itu mendekati ajalnya, sabuk itupun diambil. Ternyata, di dalamnya terdapat serakan-serakan huruf yang saat dihimpun menjadi satu ternyata berbunyi : Tiga ayat terakhir surah Al-Hasyer dan ayat terakhir surah At-Taubah.

Ini lafadz terakhir surah At-Taubah : 129 :

حسبي الله لا اله الا هو عليه تو كلت وهو رب العرش العظيم.

Hasbiyallahu Laa Ilaha illa Huwa ‘alaihi tawakkaltu wahuwa robbul ‘arsyil ‘adhiim.

=== Tamat ===

Semoga tulisan ini bermanfaat untukmu. Permintaan kami sederhana, sertakanlah kami didalam setiap doamu, dan semoga Allah SWT memudahkan jalan keluar bagimu. Amiin.Barakallohu fikuum…

BAGAIMANA SABAR MENGHADAPI MASALAH DAN COBAAN ?

I. Sabar yang pertama , kalau kita suatu saat diuji dengan masalah , kita harus sadar bahwa kesabaran yang pertama yang harus di miliki adalah Khusnudhon (berbaik sangka) kepada Allah, karena seburuk buruk perilaku adalah berburuk sangka kepada Allah.

Berbaik sangka kepadaNya karena tubuh kita adalah milik Allah , bukan milik kita. Kalau Allah mau menimpakan masalah pada kita , sehebat apapun diri kita tetap terkena. Allah berkuasa mutlak pada diri kita dan Allah dengan mudahnya berbuat (berkehendak) apa saja. " Allah tidak membebani seseorang kecuali sesuai dengan kesanggupannya".


Yang menciptakan semua syaraf kita adalah Allah, dan Allah Tahu rasa sakit (penderitaan) mengalami semua masalah itu, justru Dia yang menciptakan rasa sakit mengalami masalah beserta semua penderitaan yang mungkin dialami manusia.

apa yang telah menimpa kita masih belum apa apa karena Allah bisa saja menambahi penderitaan kita , masih banyak jenis penderitaan yang ada dalam perbendaharaan kekuasaanNya kalau kita nggak mau bersabar , apa kita nggak takut kalau Dia murka lalu menambahi atau tidak berkenan menghilangkan penderitaan itu, kita bisa apa ?.


II. Sabar yang kedua adalah sabar untuk tidak mengeluh, Sebenarnya menceritakan penderitaan kita kepada orang lain adalah mencerminkan upaya kita daam menyelesaikan masalah .

Tetapi kita perlu menceritakan sesuatu seperti kenyataanya, tanpa menambah nambahi, agar kita terhindar dari sikap mengeluh. Jangan keluh kesah apalagi sampai mendramatisir lebih lebih memprotes perbuatan Allah yang Maha Adil. Segala penderitaan tidak akan berakhir kalau hanya di ratapi. Sesuatu masalah tidak akan membuat seseorang jadi hina kalau disikapi dengan akhlak mulia.


III. Sabar yang ketiga adalah sabar menafakuri hikmah tiap masalah dan cobaan. Tidak ada satupun perbuatan Allah yang sia sia, semua berjalan persis seperti kehendakNya. Setiap masalah itu ada hikmahnya, maka evaluasi dan renungkanlah, mungkin kita terlalu sibuk, melupakan keluarga, orang lain, melupakan Allah sehingga kita di ingatkan dengan di beri suatu masalah atau cobaan.

Seharusnya kita evaluasi diri, introspeksi apa yang telah kita lakukan, Apa ketika kita jaya, kita masih ingat pada mereka yang dhu'afa ? Apakah selama ini kita mengingat Tuhan ? apa kita lalai berderma ? kalau sejak kecil kita menderita, apakah usaha kita sudah maksimal ?. Kalau sudah ketemu jawabannya, lalu kita akan berjuang dengan Ikhtiar untuk sukses atau sembuh dari sakit.


IV. Sabar yang keempat adalah bersabar ketika ikhtiar. Ingatlah bahwa yang membuat kita sukses dan menyembuhkan dari sakit, atau mendapatkan apa yang kita inginkan dan terhindar dari masalah itu hanya Allah semata. Karena Dia yang Maha Tahu masalah atau penyakit kita . "Tiada musibah atau apapun jua yang menimpa kecuali atas kehendaknya " .

Ketika kita sudah berusaha cari solusi atau berobat kesana sini tapi tidak juga selesai masalah kita atau sembuh dari sakit, tidak akan rugi sebab akan menjadi amal. Barang siapa ridho kepada ketentuan Allah, maka Allah akan meridhoi, hidup terus, maju, ikhtiar terus, terus dan terus, jangan takut dan menyerah, Tuhan akan meridhoi.

Usaha dan jerih payah, serta pengorbanan kita adalah amal dan pahala yang tidak akan pernah di lupakan Allah , sampai kapanpun , maka jangan mengeluh dalam berikhtiar. Dokter, guru, teman, keluarga, spiritualis , hanyalah membantu saja sebagai sarana mencapai sesuatu, Asal mula segala sesuatu tetap dari Yang Maha Kuasa.


V. Sabar yang kelima, sabar untuk berniat sukses, bebas dan jaya serta sembuh dari sakit dan punya niat untuk beribadah . Milikilah tekad yang kuat untuk mengisi kesuksesan , kejayaan, kebebasan, kesehatan, keperkasaan yang Allah karuniakan dengan meningkatkan ibadah. Jangan sampai kita tidak punya rencana tentang bagaimana menggunakan semua yang telah / akan Allah berikan.

Tidak sedikit orang terangkat derajatnya karena dulunya mendapat masalah, tertimpa, kemalangan yang teramat sangat, sakit atau cacat, bahkan ada orang yang cemerlang justru karena telah banyak sekali kegagalan yang di alaminya, karena seburuk buruk masalah, penyakit, penderitaan yang diberikan kepada kita, sebenarnya telah di ukur oleh Allah bahwa kita mampu menerimanya. Tuhan tidak akan memberikan sesuatu diluar kemampuan kita.

Oleh karena itu, waspadalah jangan sampai kesuksesan, kejayaan, kebebasan, kesehatan, keperkasaan, yang kita terima mengecoh kita untuk takabur, sombong, menghina orang lain, maksiat, itu jauh lebih berbahaya di banding tetap menderita atau kena masalah atau sakit tapi membuat kita dekat dengan Allah.

Tidak ada musibah yang lebih buruk daripada jauh dari Allah, karena tidak bisa bersyukur atau tidak punya kesabaran. Bahkan Allah sendiri menyatakan dalam Hadis Qudsi yang artinya : " Barang siapa yang tidak bersabar atas cobaanKu, tidak mensyukuri nikmatKu, dan tidak rela atas ketentuanKu, maka carilah Tuhan selain Aku ".

Semoga Ikhtiar kita senantiasa di ridloi oleh Allah SWT untuk selamanya, Amien

SABAR DALAM SETIAP MASALAH YANG KITA HADAPI

Semoga kita semua di karuniai nikmatnya bersabar, karena kesabaran mempunyai nilai yang tinggi dalam kehidupan. Kedudukan seseorang di sisi Allah, kedekatan seorang hamba dengan Tuhannya bisa di tempuh dengan kesabaran sebagaimana tertulis di dalam Kitab SuciNya : " Sesungguhnya Allah bersama orang orang yang sabar".


Jadikanlah Sabar dan Sholat sebagai kunci pembuka pertolongan Allah. Adalah suatu kesalahan besar jika kita mengatakan "Sabar itu ada batasnya" ,berarti kita membatasi pahala. Mengatakan Sabar ada batasnya , menandakan kita kurang sabar dalam bersabar. Sabar akan membuahkan hasil yang gemilang walau awalnya mungkin pahit dan getir. Sabar akan menghasilkan sesuatu yang mempesona yang tiada terputus. Oleh karena itu jika kita ingin menikmati hidup, kita harus menikmati setiap kejadian yang menimpa kita. Karena orang orang yang beriman tidak akan pernah merugi. Di beri Nikmat dia bersyukur, di beri Musibah dia bersabar. Syukur berarti kebaikan bagi dirinya, sabar juga kebaikan bagi dirinya. Maka tidak ada yang perlu kita takutkan dalam hidup ini, kecuali kita tidak punya rasa syukur dan tidak bisa bersabar.


Sabar bagi kita bukan berarti pasrah dan menyerah pada nasib, sabar adalah kegigihan kita untuk tetap berpegang teguh kepada ketetapan Allah (ketetapan hati dalam menerima ketentuan Allah , karena apapun yang menimpa kita adalah ketentuanNya). (Jadi kesabaran itu adalah sebuah proses aktif , kolaborasi antara Ridlo (rela menerima Takdir Allah) dan Ikhtiar (mencari solusi). Kesabaran bukan proses diam dan pasif, melainkan proses aktif, yaitu akal aktif, tubuh aktif dan iman yang aktif. Justru dari Musibah yang di sikapi dengan kesabaran akan turun rahmat dan petunjuk dari Allah .


Di timpa musibah kebangkrutan, banyak hutang, di hina orang, di tinggal istri / suami / anak, dilawan anak buah, dibenci keluarga, di tekan atasan, sakit yang tak kunjung sembuh dll . Semua orang pernah mengalaminya, paling tidak beberapa jenis dari peristiwa itu, meskipun sekali dua kali, tetapi bahkan orang yang tidak pernah kena masalah dan cobaan mungkin saja dia tidak di sukai oleh Allah SWT, Seperti konon kata riwayat, Fir'aun raja Mesir kuno tidak pernah sakit seumur hidupnya, bahkan kesandung batu saja dia tidak pernah sampai sampai akhirnya Fira'un mengaku sebagai Tuhan karena tidak pernah sakit , entah benar atau salah cerita itu yang jelas andai itu benar kita semua tahu bagaimana sepak terjang Fir'aun dan bagaimana pula akhir kehidupannya.

Hal itu bertolak belakang dengan riwayat para Nabi dan para ''Kekasih Allah'' yang sarat dengan penderitaan dan penindasan bahkan sampai pembunuhan, seperti kisah Nabi Ayyub yang sekujur tubuhnya dilanda penyakit, Nabi Zakariya dan Nabi Yahya, Nabi Jarjis yang di bunuh oleh kaumnya, bahkan kisah Nabi Muhammad SAW yang penuh dengan liku liku perjuangan dan penderitaan juga kisah para Ulama dan orang orang besar lainnya.

Masalah dan cobaan adalah bagian dari penggugur dosa. Dalam mutiara hadits di sebutkan : " Tidaklah seseorang merasakan sakit di hina atau tertusuk duri kecuali Allah menggugurkan dosanya, bagai gugurnya dedaunan" ( aw kamaa qoola).

Jadi terkena masalah dan cobaan itu proses pengurangan /pengguguran dosa. Logikanya semakin besar masalah yang di hadapi semakin besar pula pahala yang di terima jika bisa bersabar dan semakin besar pula dosa dosa yang tergugurkan.

Rabu, 04 Juli 2012

Ayat Kursi Ayat Paling Agung Dalam Al-Quran

FIRMAN Allah bermaksud: "Allah, tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhlukNya); tidak mengantuk dan tidak tidur. KeupayaanNya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izinNya. Allah mengetahui apa yang di hadapan dan di belakang mereka dan mereka tidak mengetahui apa pun daripada ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakiNya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara kedua-duanya dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar" (al-Baqarah: 255).

Ayat ini dikenali sebagai ayat Kursi, ayat yang paling agung dalam Al-Quran, malah ia disebut sebagai penghulu bagi seluruh ayat Al-Quran. Dari segi sejarahnya, ia diturunkan pada waktu malam. Pada ketika itu juga Nabi memanggil Zaid selaku penulis wahyu untuk menulisnya. Dalam ayat yang pendek ini sebenarnya terkumpul sifat utama bagi Allah iaitu ketuhanan, keesaan, hidup, ilmu, memiliki kerajaan, kekuasaan dan kehendak.

Sesudah menegaskan mengenai keesaanNya, disusuli pula dengan menyebut dua sifatNya yang lain, iaitu hidup dan terus menerus mengurus makhlukNya. Dengan demikian, manusia akan merasa aman dalam hidup serta tenang perasaannya kerana meyakini bahawa dia di dalam tangan Tuhan yang hidup, yang terus menerus mengurus serta mengawal jaga keadaan hambaNya.

Allah, Dialah Tuhan yang tunggal bagi segala makhluk. Oleh itu, tiada yang berhak disembah dalam kehidupan ini melainkan Dia. Segala apa yang ada di langit dan bumi adalah hamba dan milikNya. Semuanya tunduk di bawah kehendak dan kuasaNya, seperti firman Allah bermaksud: "Tidak seorang pun di langit dan bumi, kecuali akan datang kepada Tuhan Yang Maha Pemurah selaku seorang hamba. Sesungguhnya Allah menentukan jumlah mereka dan menghitung mereka dengan hitungan yang teliti. Dan setiap mereka akan datang kepada Allah pada hari kiamat dengan sendiri-sendiri" (Maryam: 93-95).

Di antara tanda keAgungan dan kebesaran Allah bahawa tiada seorang pun yang berani memberi pertolongan kepada seorang lain di sisiNya tanpa izinNya. Firman Allah bermaksud: "Ketika datang hari itu, tidak seorang pun berbicara, melainkan dengan izinNya; maka di antara mereka ada yang celaka dan ada yang berbahagia" (Hud: 105).

Ilmu Allah amat luas, meliputi segala makhluk ciptaanNya, baik yang dahulu, sekarang dan akan datang, bahkan Allah mengetahui segala urusan dunia dan akhirat. Allah juga amat luas kerajaan dan kekuasaanNya, langit dan bumi seluruhnya di dalam genggamanNya.

Itulah ayat yang mengandungi kaedah pembentukan keimanan terhadap Allah. Dari sinilah terbina hala tuju pengabdian seseorang hanya kepada Allah. Dengan demikian, tidaklah seorang manusia melainkan menjadi hamba, hanya kepada Allah, tidaklah dia menjuruskan pengabdiannya melainkan kepada Allah dan tidaklah dia menyerahkan ketaatannya melainkan kepada Allah.

Selain itu, ayat ini mempunyai beberapa kelebihan yang tidak ada pada ayat lain. Daripada kedudukannya dalam Al-Quran, sabda Nabi ketika ditanya oleh Abu Zar: "Ayat manakah yang diturunkan kepadamu yang paling Agung?" Jawab Baginda: "Ia adalah ayat Kursi" (riwayat Imam Ahmad, al-Nasai, al-Hakim dan al-Baihaqi).

Daripada sudut keberkatannya di dunia, sabda Rasulullah: "Bacalah ayat Kursi kerana sesungguhnya ia mengawal jaga kamu, zuriat dan rumah tangga kamu sehingga bilik kecil di sekeliling rumahmu." Dari segi keberkatannya dalam menghalau syaitan, sabda Rasulullah: "Di dalam surah al-Baqarah, ada satu ayat yang menjadi penghulu bagi ayat Al-Quran, tidak dibacanya dalam rumah yang ada di dalamnya syaitan melainkan keluar ia daripadanya, itulah ayat Kursi" (riwayat al-Hakim).

Daripada sudut keberkatannya ketika mati dan di akhirat, sabda Rasulullah: "Sesiapa yang membaca ayat Kursi selepas setiap solat fardu, Allah akan memberikannya hati orang yang bersyukur, amalan orang yang membenarkan Allah, pahala nabi-nabi, melimpahkan rahmat-Nya dan tidak menghalangnya daripada masuk syurga melainkan kematian yang akan memasukkannya"
(riwayat al-Nasai)

Senin, 02 Juli 2012

TANDA-TANDA CINTA ALLAH SWT TERHADAP HAMBANYA

قال الله تعالى

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّوْنَ اللهَ فَاتَّبِعُوْنِى يُحْبِبْكُمُ اللهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَاللهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Allah Ta’ala berfirman:

“Katakanlah: ‘Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (Q.S; Ali Imran: 31)

وَعَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ الله صلى الله عليه وسلم: ((إِنَّ اللهَ تعالى قَالَ: مَنْ عَادَى لِيَ وَلِيًّا فَقَدْ اَذَنْتُهُ بِالْحَرْبِ، وَمَا تَقَرَّبَ عَبْدِى بِشَيْءٍ أَحَبَّ إِلَيَّ مِمَّا افْتَرَضْتُ عَلَيْهِ، وَمَا يَزَالُ عَبْدِى يَتَقَرَّبُ إِلَيَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ، فَإِذَا أَحْبَبْتُهُ كُنْتُ سَمْعَهُ الَّذِى يَسْمَعُ بِهِ، وَبَصَرَهُ الَّذِى يُبْصِرُ بِهِ، وَيَدَهُ الَّتِى يَبْطِشُ بِهَا، وَرِجْلَهُ الَّتِى يَمْشِى بِهَا وَإِنْ سَأَلَنِى أَعْطَيْتُهُ، وَلَئِنْ اسْتَعَاذَنِى لَأُعِيْذَنَّهُ)) رواه البخارى

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA ia berkata, “Telah bersabda Rasulullah SAW: Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman: “Barangsiapa memusuhi kekasih-Ku maka aku menyatakan perang dengannya. Tiada sesuatu yang lebih Aku sukai dari hamba-Ku melainkan ia mengerjakan amalan yang Aku wajibkan kepadanya untuk mendekatkan diri kepada-Ku. Dan hamba-Ku selalu mengerjakan amalan-amalan sunnah untuk mendekatkan diri kepada-Ku sehingga Aku mencintainya. Apabila Aku telah mencintainya, maka Aku merupakan pendengaran yang ia pergunakan untuk mendengarnya, Aku merupakan penglihatan yang ia pergunakan untuk melihatnya, Aku merupakan tangannya yang ia pergunakan untuk bertindak, Aku merupakan kakinya yang ia pergunakan untuk berjalan. Seandainya dia meminta sesuata kepada-Ku pastilah Aku kabulkan, jika ia meminta perlindungan kepada-Ku niscaya Aku beri perlindungan untuknya”. (HR: Bukhari)
وَعَنْ عَائِشَةَ رضى الله عنها أَنَّ رَسُوْلَ الله صلى الله عليه وسلم بَعَثَ رَجُلًا عَلَى سَرِيَّةً، فَكَانَ يَقْرَأُ لِأَصْحَابِهِ فِى صَلَاتِهِمْ، فَيُخْتِمْ بِ- {قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ} فَلَمَّا رَجَعُوا ذَكَرُوا ذَلِكَ لِرَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ: ((سَلُوْهُ لِأَيِّ شَيْءٍ يَصْنَعُ ذَلِكَ؟)) فَسَأَلُوهُ، فَقَالَ: لِأَنَّهَا صِفَةُ الرَّحْمَنِ، فَأَنَا أُحِبُّ أَنْ أَقْرَأَ بِهَا، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: ((أَخْبِرُوهُ أَنَّ اللهَ تَعَالَ يُحِبُّهُ)) متفق عليه

Diriwayatkan dari ‘Aisyah RA, bahwasannya Rasulullah SAW mengutus seorang sahabat (untuk mengimami) sebuah pasukan. Ketika dia menjadi imam selalu menutup bacaan shalatnya dengan “Qul Huwallahu Ahad”, ketika pasukan itu telah kembali (ke Madinah) maka mereka menceritakan hal itu kepada Rasulullah SAW, kemudian beliau bersabda: “Tanyakan kepadanya mengapa dia melakukan hal itu?”. Lalu mereka menanyakan hal itu kepadanya, maka ia menjawab, “Karena sesungguhnya ayat itu mengandung sifat Ar Rahman (Dzat yang Maha Pemurah), maka aku sangat senang untuk membacanya”. Selanjutnya Rasulullah SAW bersabda: “Beritahukan kepadanya bahwa Allah Ta’ala mencintainya”. (Muttafaq ‘alaih HR: Bukhari dan Muslim)